Rabu, 28 November 2018

Resensi Buku Modern Islamic Parenting



Judul buku : Modern Islamic Parenting

Penulis : DR. Hasan Syamsi

Tahun Terbit : April 2017

Penerbit : PQS Media Group

Jumlah halaman : 312 hlm

ISBN : 978-602-1243



Mendidik Anak di Era Digital Menuntut Kreatifitas Orangtua

Kemajuan teknologi setiap harinya selalu berkembang, hal yang tak dapat dihindari dan dicegah. Kemajuan teknologi ini sangat berpengaruh terhadap prilaku seseorang terutama anak-anak yang belum paham akan benar dan salah.

Era digital, zaman modern sangat mempengaruhi perkembangan sebuah negara dari bebagai sisi. Demikian juga dengan pendidikan anak baik dirumah, disekolah terutama di lingkungan. Bisa dikatakan kemajuan teknologi ini adalah salah satu tantangan tersendiri bagi orangtua . Karena mendampingi anak pada era digital bukan lah hal yang mudah. Banyak hal yang menjadi ujian dalam menerapkan pendidikan.

Ketika orangtua sibuk bekerja anak-anak lebih banyak berada dilingkungan luar rumah, maka yang ada adalah pendidikan yang tak seimbang. Pengawasan terhadap tumbuh kembang dan juga pola pergaulan anak akan semakin longgar dengan alasan kemajuan zaman. Ayah sibuk bekerja dengan dalih kebutuhan hidup semakin meningkat. Tanggung jawab mendidik anak adalah terletak di pundak kedua orang tua secara bersama. Seorang istri tidak sekedar mempersilahkan suaminya sekedar membantu dalam mendidik anaknya, tetapi juga mendorongnya untuk menjalankan peran ini dan menyiapkan segala hal untuk mempermudahnya. (hal. 19)

Peran ibu dalam mendidik anak adalah utama, tetapi peran ayah juga menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu kerja sama kedua orang tua harus seiya sekata. Seorang ibu harus mencontohkan menghormati ayah sebagai kepala keluarga, menjadikan ayah sebagai tokoh utama yang memiliki pengaruh besar dalam diri mereka. Ia Berkata pada anaknya, “ Pegang teguh akhlak ini karena akhlak ini membuat ayahmu senang, dan jauhi akhlak itu karena membuat ayahmu marah.” Saat itu anak merasakan keagungan akhlak sang ayah. (hal.27)

Kondisi lain yang sering kita jumpai di zaman modern ini adalah hadirnya pembantu atau asisten rumah tangga di tengah keluarga. Seolah kehadiran mereka menjadi sebuah keharusan bahkan menggantikan peran orangtua dalam mendidik anak-anak. Segala kebutuhan anak dipenuhi oleh pembantu dari bangun tidur hingga tidur lagi hanya pembantu yang melayani mereka. Kemajuan peradapan tidak mungkin dicapai dengan menjamin kesejahteraan dan menyediakan pembantu. Kemajuan peradapan merupakan hasil pendidikan yag sadar dan dipelajari. Hal ini tidak bisa diperankan oleh pembantu yang pada umumnya buta huruf, apalagi jika menganut agama dan tradisi yang berbeda. Ia akan menanamkan apapun yang ia inginkan di dalam otak anak-anak kita. ( hal 47)

Menjadi orang tua maka harus siap mendampingi anak-anak dengan berbagai situasi yang diahadapi mereka. untuk mengetahu kondisi mereka maka biasakan diri untuk mendengarkan keluha kesah, atau sekedar cerita tentang aktivitas mereka. Jangan hanya mendengar dengan telinga, tapi dengan sepenuh tubuh anda. Hentikan pekerjaan yang sedang anda lakukan. ( hal.75)

Buku Modern Islamic Parenting yang ditulis oleh DR Hasan Syamsi ini mengajak orangtua memahami pentingnya mendidik anak-anak dengan cinta kasih sayang. Menghadirkan peran orang tua adalah pokok dalam pendidikan anak. Buku dengantebal 312 halaman ini mengupas tuntas tentang pendidikan metode nabi di zaman modern ini.

Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu banyak menghadirkan dalil dan hadist yang kadang terkesan berat untuk dijabarkan. Berisi lengkap dengan contoh-contoh yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk para orang tua belajar mendidik metode nabi. Nilai lebih dari buku ini adalah sudah di aplikasikan oleh penulis dalam mendidik anak-anak.

Tidak ada komentar:

Ibu Pekerja Dalam Pandangan Islam

Ibu adalah salah satu subjek yang menarik untuk dibahas. Menggali kisah seorang ibu tentu sangat luas bahkan tiada henti. Kiprah s...