Rabu, 28 November 2018

Meneladani Kisah Anak Yatim







Judul buku : Mereka Yatim Tapi Menjadi Orang Besar

Penulis : Dr. Abdullah Al-Luhaidan

Dr. Abdullah Al-Muthawwi’

Tahun Terbit : 2013

Penerbit : Kiswah Media

Jumlah halaman : 128 hlm

ISBN : 978-602-9176-35-3

Anak yatim adalah anak yang kehilangan Ayahnya sebelum mancapai masa baligh atau malah belum dilahirkan dalam arti masih dalam kandungan. Dalam Islam sendiri anak yatim memiliki porsi tersendiri yang sangat menjaga hak-hak mereka. hal tersebut jelas terdapat dalam al-qur’an.

Jaminan Islam kepada anak yatim untuk mendapatkan hak-haknya sudah jelas tercantum dalam alquran:

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala(neraka).” (An-Nisa’[4]:10)

Bukti yang paling menonjol dapat dilihat dari perintah dan penegasan Islam untuk memperhatikan dan menyayangi anak yatim, agar ia tidak merasa kekurangan dibandingkan anak-anak lain di dalam masyarakat. Karena jika mereka merasakan itu, ia akan hancur dan menjadi sosok pribadi yang keropos di dalam masyarakat Islam. (hal.29)

Anak yatim membutuhkan perhatian bukan hanya dalam hal materi namun juga secara psikologis. Hal ini tentu sangat penting agar mereka menjadi pribadi yang tangguh, kokoh, mandiri, dan sukses di kemudian hari. Motivasi, nasehat dan juga dukungan sangat dibutuhkan oleh anak yatim.

Anak yatim, kekurangan kasih sayang dari orang tua, karena kepergian sang ayah maka tanggung jawab mencari nafkah jatuh kepada ibu. Wajar saja jika mereka merasa kekurangan kasih sayang dibandingkan mereka yang memiliki orang tua lengkap. Perhatian dan kasih sayang dari orang-orang disekitar akan sangat membantu tumbuh kembang anak.

Seorang anak yatim memiliki tanggung jawab sejak kecil, sering melakukan pekerjaan yang tidak dilakukan oleh anak-anak lainnya dan ini memberikan kelebihan yang tidak dimiliki anak lain yang belum terbiasa mengemban tanggung jawab di masa kecilnya.(hal.49)

Buku Mereka Yatim Tapi Jadi Orang Besar yang ditulis oleh Dr. Abdullah Al-Luhaidan dan Dr. Abdullah Al-Muthawwi’ menjelaskan anak yatim adalah anak luar biasa. Menjelaskan secara detil tentang jaminan dan hak anak yatim menurut Islam. Banyak nasehat bagi anak yatim yang memiliki potensi menjadi besar. Pahitnya kehidupan, tugas dan tanggung jawab berat yang kadang membuat mereka lelah justru menjadi pengalaman yang akan membuat mereka tangguh.

Dalam buku ini sangat menginspirasi karena ada 20 biografi anak yatim yang menjadi ulama besar saat dewasa. Biografi ditulis secara singkat namun menceritakan perjuangan yang tidak mudah untuk menjadi orang yang besar. Di tulis dalam bahasa yang ringan dan inspiratif sehingga menjadi motivator bagi anak yatim.

Membaca buku ini sangat mudah dipahami ditambah dalil dan dasar hukum yang jelas dalam setiap menguraikan hukum islam. Sehingga membuat pembaca mengerti dasar hukumnya tanpa perlu mencari dari al-Qur’an atau sumber lain. Bahasa sangat simpel mudah dicari insisari dari ceritanya. Sangat di rekomedasikan bagi anak yatim untuk membaca buku ini, agar mereka optimis menjalai kehidupan. Setiap ujian akan berakhir dengan indah.

Tidak ada komentar:

Ibu Pekerja Dalam Pandangan Islam

Ibu adalah salah satu subjek yang menarik untuk dibahas. Menggali kisah seorang ibu tentu sangat luas bahkan tiada henti. Kiprah s...